728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 20 Februari 2014

*Pilkada Lampung : KPU Prinsipnya Setuju Pemilu Serentak


Komisi Pemilihan Umum hingga kini belum menyiapkan keputusan tentang usulan pemilu kepala daerah di Lampung yang diserentakkan dengan Pemilu Legislatif. Namun pada prinsipnya, KPU RI bisa menyetujui usulan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU, Husni Kamil Manik, di Jakarta, Rabu (19/2), usai mengisi diskusi di Redaksi Kompas. “Secara prinsip kami bisa menyetujuinya, tapi memang belum disiapkan keputusannya,” kata Husni.

Menurut Husni, berdasarkan laporan KPU Lampung, tak mungkin pilkada Lampung digelar lebih awal sebelum tanggal 9 April. Husni yakin, pilkada yang dibarengkan dengan pemilu legislatif bisa diselenggarakan dengan baik asalkan semuanya sudah disiapkan dan diantasipasi.

“Agar segalanya disiapkan oleh semua pihak, kita prinsipnya setuju,” kata Husni. Dari kasus Lampung, justri KPU akan memetik manfaat dengan diselenggarakannya pemilu serentak.

“Kita akan segera mendapatkan contoh ketika pemilu legislatif dibarengkan dengan pemilu eksekutif,” kata Husni. Nantinya, akan ada satu tambahan surat suara dan tambahan satu kotak suara untuk pemilu eksekutif.

Dengan demikian, KPU akan menguji coba pelaksanaan pemilu dengan lima jenis surat suara dan lima kotak suara. “Kira-kira, Pemilu 2019 nanti akan seperti itu,” jelas Husni.

Menurut Husni, dengan solusi seperti itu, dari sisi penganggaran juga akan lebih baik karena ada efisiensi. Sebelumnya, KPU menyebutkan jika pilkada di Lampung tak mungkin dibarengkan dengan pemilu legislatif. Bahkan, sehari sebelumnya, KPU masih menargetkan pilkada harus digelar lebih awal sebelum tanggal 9 April.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menegaskan, hingga kini tanggal pasti pelaksanaan pilkada di Lampung, apakah diselenggarakan bersamaan dengan pemilu legislatif atau tidak, belum diputuskan oleh KPU. “Sampai hari ini belum dipastikan,” katanya. (AMR)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: *Pilkada Lampung : KPU Prinsipnya Setuju Pemilu Serentak Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM