728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 14 Februari 2014

KPU: Pemilih Disabilitas Tak Tercatat

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sigit Pamungkas di Jakarta, Selasa (22/2), mengatakan, KPU tidak memiliki record pemilih penyandang disabilitas. Hal ini terjadi karena terkaitteknis pendataatan.

Salah satu kesulitan di lapangan adalah, tidak semua orang mau menyampaikan disabilitasnya. “Kita sudah komunikasi dengan lembaga yang mengkoordinasi mereka, tapi mereka juga tak punya data,” kata Sigit.

Solusinya, KPU hanya akan menyediakan template braile untuk memudahkan penyandang tuna netra untuk pemilihan DPD dan Pemilihan Presiden saja. Untuk pemilu legislatif, tak bisa diterapkan karena kendala teknis yang terlalu kompleks untuk membuat template dari begitu banyak partai dan calegnya.

“Ketika pemilu legislatif, mereka penyandang disabilitas akan dibantu petugas di TPS,” kata Sigit. KPU juga memfasilitasi untuk membuat tempat bilik suara yang ramah untuk penyandang disabilitas dan mereka tak kesulitan untuk menggunakannya.

Untuk pemilu legislatif, bagi penyandang tuna netra, mereka bisa menggunakan orang yang bisa dipercaya untuk memandu, bisa dengan petugas KPPS atau orang lain.

Wakil Ketua Komisi II DPR, Abdul Hakam Naja, mengatakan masalah ini
seharusnya bisa diidentifikasi dari sejak penyusunan DPT. “Jadi, kalau baru sekarang, tentu menjadi masalah karena pengadaan logistik. Coba kalau dari awal, berapa jumlah tunanetra di sebua kampung, misalnya, itukan bisa disediakan logistiknya,” kata Hakam.

Terkait hanya pemilihan DPD dan pemilihan presiden yang disediakan template braile, Hakam mengatakan hal seperti ini bisa menjadi catatan bahwa ada semacam diskriminasi. “Ini saya kira patut menjadi catatan bagi penyelenggara pemilu, yaitu KPU,” kata Hakam. (adm)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: KPU: Pemilih Disabilitas Tak Tercatat Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM