728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 31 Januari 2014

Kemitraan Indonesia dan Inggris Kuat dan Semakin Berkembang

Sejak kunjungan kedua Kepala Negara pada tahun 2012, Perdana Menteri Inggris David Cameron ke Jakarta dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke London, kedua negara menikmati kemitraan bilateral yang kuat dan semakin berkembang. Hal ini disampaikan Menlu RI Marty M. Natalegawa pada konferensi pers bersama dengan Menlu Inggris William Hague di Gedung Pancasila, Kemlu Jakarta (29/01).

Menlu Marty menyampaikan bahwa kedua negara menyambut gembira perkembangan di berbagai bidang prioritas kerja sama bilateral, yaitu perdagangan dan investasi, pendidikan, upaya mengatasi perubahan iklim, industri kreatif, energi, pertahanan, serta pemajuan demokrasi dan dialog antar keyakinan.

"Hal ini menunjukan dinamika hubungan kemitraan kedua negara yang semakin intensif dan terus meningkat", tutur Menlu RI.

Dalam pertemuan bilateral sebelum konferensi pers, kedua Menlu membahas upaya-upaya memperkuat lebih lanjut hubungan bilateral Indonesia dan Inggris.

Kedua Menlu juga membahas upaya-upaya tindak lanjut hasil-hasil kunjungan PM David Cameroon ke Indonesia, dan kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris pada tahun 2012.

Diantaranya inisiatif kerjasama triangular, dimana kedua Menteri Luar Negeri menyambut baik langkah-langkah yang telah dilakukan dalam menjajaki kerjasama dengan negara ketiga dimana Indonesia dan Inggris dapat berkontribusi secara kongkrit dan efektif.

Bagi Inggris, Indonesia adalah mitra penting di kawasan Asia Tenggara. "Indonesia adalah pemain penting di kawasan, khususnya ASEAN, dalam hal ini Inggris mendukung sepenuhnya peran Indonesia", tegas Menlu William.

Kepada para wartawan, Menlu William juga menjelaskan bahwa terkait investasi, Inggris bersedia berinvestasi lebih banyak di Indonesia. "Banyak yang dapat kita tawarkan dan kedua negara memiliki pandangan yang sama mengenai banyak hal. Ini yang menjadi landasan kekuatan kemitraan kita".

Pada pertemuan bilateral tersebut, kedua Menlu juga sepakat mengadakan pertemuan Partnership Forum II, untuk mengkaji secara komprehensif perkembangan hubungan bilateral, serta merencanakan langkah-langkah ke depan.

Partnership Forum I dilaksanakan pada tahun 2007 di London, dan dihadiri bersama oleh masing-masing Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Perdagangan dari kedua pihak, dan juga Menteri Keanekaragaman Hayati dan Menteri Pembangunan dari Inggris.

“Partnership Forum Indonesia – Inggris merupakan forum yang penting dalam rangka melakukan review komprehensif terhadap area-area prioritas kerja sama bilateral Indonesia dan Inggris yang terus menunjukkan perkembangan positif”, kata Menlu RI.

Selain membahas isu-isu bilateral, kedua Menlu juga bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, termasuk inisiatif Preventing Sexual Violence in Conflict, perkembangan di ASEAN, dan kawasan Timur Tengah khususnya Suriah.

Menlu Natalegawa juga menyampaikan informasi kepada mitranya bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah “the 6th UN Alliance of Civilization Global Forum”, 28 – 29 Agustus 2014 di Bali.

Dalam kaitan ini kedua Menteri Luar Negeri sepakat untuk menjajaki kerjasama dalam menghubungkan peradaban antar kedua negara untuk menyongsong pertemuan ke-6 Global Forum Aliance of Civilization.

Kunjungan Menlu Inggris ke Indonesia kali ini adalah untuk yang pertama kalinya sejak tahun 2005. Presiden Yudhoyono mengunjungi Inggris atas undangan Yang Mulia Ratu Inggris pada November 2012, kunjungan kenegaraan Indonesia pertama ke Inggris sejak 1982.

Perdana Menteri Inggris David Cameron berkunjung ke Indonesia bersama dengan delegasi bisnis Inggris, pada April 2012. (Sumber: http://www.kemlu.go.id/Pages/News.aspx?IDP=6773&l=id)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Kemitraan Indonesia dan Inggris Kuat dan Semakin Berkembang Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM