728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 05 Februari 2014

Dua Saksi Sebut Dua Komisioner KPU Jambi Minta Dukungan

Dua saksi menyebutkan Ketua dan Anggota KPU Jambi HM Subhan, Teradu I, dan M Sanusi, Teradu II, minta dukungan untuk menyukseskan Muhammad Yasir Arafat sebagai calon DPD RI Dapil Jambi untuk Pemilu 2014.
“Kami diinstruksikan mengumpulkan KTP dukungan untuk menyukseskan M Yasir Arafat,” jelas Subirman, mantan ketua KPU Tebu.

Kronologisnya, lanjut dia, pada 14 Pebruari 2013 ada pertemuan Bimbingan Teknis dua anggota KPU kabupaten dan kota yang membidangani logistik dan teknis. Pada waktu istirahat siang dia dan teman-teman komisioner KPU kabupaten dan kota lain dikumpulkan oleh Teradu I dan II di dalam salah satu kamar. Yang kumpul ada sekitar 12 orang. “Saya salah satu komisioner yang hadir. Teradu I bilang, ada mantan ketua KPU Jambi Muhamad Yasir Arafat yang ingin mencalonkan menjadi anggota DPD. Sudah selayaknya kita memberi dukungan kongkrit, yaitu berupa dukungan KTP,” katanya dalam sidang kedua sidang dugaan pelanggaran kode etik KPU Jambi tadi siang, Rabu (05/2) pukul 10.00 WIB.

Selaku ketua majelis Saut H Sirait dan anggota majelis Valina Singka Subekti serta Nelson Simanjuntak. Pihak Teradu I yakni HM Subhan, Teradu II adalah M Sanusi, Teradu III yaitu Desi Arianto, Teradu IV Nuraida Fitri Habi dan Teradu V Pahmi. Pihak Pengadu, Ilhammi kuasa dari Edi S.

Lanjut Subirman, dia pun menjalankan instruksi Teradu I dan II. Dia berhasil mengumpulkan 253 dukungan KTP. Dukungan itu kemudian diserahkan kepada M Yusuf. “Saya masih punya dukungan KTP yang belum diserahkan,” jelasnya.

Kesaksian Subirman dibenarkan oleh Tabri Rahman, mantan anggota KPU Kota Sungai Penuh. “Saat itu saya hadir di satu kamar itu. Tapi saya tidak mengumpulkan dukungan itu sementara teman-teman saya dari kabupaten dan kota mengumpulkan,” kata pria berkaca mata itu.

Sementara itu Daelami, ketua komisioner KPU Bungo dan Mustaqim, komisioner KPU Tanjung Jabung Timur dan Zawawi, anggota KPU Batanghari. Ketiganya hadir dalam pertemuan bimbtek itu tapi mereka kompak menyebutkan tidak ada pertemuan terkait permintaan dukungan. “Kami hadir, tapi tidak ada pertemuan yang di kamar itu,” kata Daelami.

Ketua KPU Jambi M Subhan menyangkal ada pertemuan tersebut. Kesaksian dua mantan KPU itu, kata M Subhan karena tidak lolos dalam seleksi KPU. “Keduanya tidak lolos dalam seleksi KPU berikutnya dan saya tidak bisa memperjuangkan mereka. Jadi keduanya marah,” ucapnya.

Kepada Teradu III, Pengadu mendalilkan bahwa Teradu telah melakukan rangkap jabatan sebagai pendamping manajemen ‘Sejusade’ (Seratus Juta Satu Desa) yang merupakan program Bupati terpilih Kab.Soralangun Prov.Jambi. Sedangkan kepada Teradu IV, Pengadu menduga melakukan pembiaran terhadap suaminya yang juga pengurus Partai Gerindra Prov. Jambi terlibat dalam kegiatan penyelenggara pemilu dengan menjadi kuasa hukum KPU Daerah Provinsi Jambi dalam beberapa sengketa Pemilukada. [*]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dua Saksi Sebut Dua Komisioner KPU Jambi Minta Dukungan Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM