728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 01 Februari 2014

Dua Anggota KPU Jambi Dinilai Tidak Netral

Dua Komisioner KPU Jambi, HM Subhan dan M Sanusi dinilai tidak netral. Mereka diduga telah meloloskan calon anggota DPD RI dengan cara mengintruksikan kepada jajaran KPU kabupaten atau kota untuk mengumpulkan KTP sebagai dukungan kepada Muhammad Yasir Arafat sebagai calon DPD RI Dapil Jambi untuk Pemilu 2014.

“Instruksi Teradu I dan II merupakan pelanggaran berat terhadap netralitas dan indepensi penyelenggara Pemilu yang seharusnya bersikap adil kepada peserta Pemilu tanpa kecuali,” kata Ilhammi kuasa dari Edi S pada sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik KPU Jambi tadi siang, (30/1) pukul 10.WIB.

Pihak Teradu I yakni HM Subhan, Teradu II adalah M Sanusi, Teradu III yaitu Desi Arianto, Teradu IV Nuraida Fitri Habi dan Teradu V Pahmi. Selaku ketua majelis Nur Hidayat Sardini dan anggota majelis Valina Singka Subekti serta Saut H Sirait.
Teradu I yang juga Ketua KPU Jambi HM Suban membantah. Dia dan Teradu II tidak pernah memberikan instruksi sebagaimana disangkakan Pengadu.

“Teradu I pada saat verifikasi calon anggota DPD RI menjabat sebagai komisioner KPU Kabupaten Bungo yang secara hirarkis sangat tidak beralasan apabila Teradu I mengintruksikan jajaran KPU Kabupaten/Kota untuk mengumpulkan KTP sebagai dukungan Muhammad Yasir Arafat Dapil Jambi, karena kedudukan Teradu I sebagai komisioner KPU Kabupaten Bungo sejajar dengan kedudukan para komisioner KPU kabupaten/kota se-Provinsi Jambi,” jelasnya. Bantahan serupa juga disampaikan oleh Teradu II.

Kepada komisioner lainnya, Teradu III, Pengadu mendalilkan bahwa Teradu telah melakukan rangkap jabatan sebagai pendamping manajemen ‘Sejusade’ (Seratus Juta Satu Desa) yang merupakan program Bupati terpilih Kab.Soralangun Prov.Jambi. Sedangkan kepada Teradu IV, Pengadu menduga melakukan pembiaran terhadap suaminya yang juga pengurus Partai Gerindra Prov.Jambi terlibat dalam kegiatan penyelenggara pemilu dengan menjadi kuasa hukum KPU Daerah Provinsi Jambi dalam beberapa sengketa pemilukada. Kepada Teradu V, Pengadu menduga telah secara bersama-sama telah meloloskan KPU Kota Soralangun yang mempunyai identitas ganda. [*]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Dua Anggota KPU Jambi Dinilai Tidak Netral Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM