728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 17 Januari 2014

Ombudsman: Banyak Unit Layanan Belum Berani Pasang Janji Layanan

Semua Unit Pelayanan Publik wajib memenuhi standar pelayanan sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Tidak terkecuali pemampangan Maklumat Pelayanan atau janji layanan oleh penyelenggara pelayanan publik. Hal ini harus dilakukan agar publik selaku penerima layanan mengetahui hak-haknya.

Akan tetapi, pemantauan tim Ombudsman RI terkait pelbagai perbaikan unit pelayanan publik di 18 kementerian yang menjadi sampel penelitian, menghasilkan sebuah catatan. “Hanya 50 persen saja unit layanan di 18 kementerian yang berani memasang janji layanan (Maklumat Pelayanan),” ungkap Ketua Ombudsman RI, Danang Girindrawardana.

Pemantauan itu dilakukan untuk memenuhi janji melakukan observasi lanjutan pasca penelitian unit palayanan publik di 18 kementerian pada periode Maret-Mei 2013. Hasil terdahulu menunjukkan, sebanyak lima kementerian (27,8%) masuk zona merah, sembilan kementerian (50%) di zona kuning dan empat kementerian (22,2%) berada di zona hijau.

“Langkah ini dilakukan untuk memantau pelaksanaan komitmen kementerian dalam perbaikan pelayanan publik,” terang Danang, Jumat (17/1).

Ombudsman RI melakukan pemantauan pada periode Oktober - November 2013 dengan indikator yang sama dengan tahap penelitian. Hasil observasi menunjukkan sebagian besar Unit Pelayanan Publik sudah memenuhi komponen standar pelayanan publik berupa: SOP, Alur Pelayanan, Standar Waktu dan Biaya/Tarif.

Namun begitu, baru 50% Unit Pelayanan Publik di 18 kementerian yang menjadi sampel penelitian mengumumkan maklumat pelayanan. Hal ini menunjukkan bahwa penyelenggara pelayanan masih enggan berjanji untuk melayani masyarakat sesuai standar pelayanan yang ditentukan.

“Hasil lengkap dari pemantauan ini akan kami sampaikan pada Selasa (21/1),” jelas Danang. (adm)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Ombudsman: Banyak Unit Layanan Belum Berani Pasang Janji Layanan Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM