728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 16 Januari 2014

KPU Tetap Gunakan Kotak Suara Kardus

Banyak pihak yang mengkritik keputusan Komisi Pemilihan Umum untuk menyediakan kotak suara sekali pakai yang terbuat dari bahan kardus. KPU beralasan, langkah itu ditempuh salah satunya untuk menghindari kesulitan menyimpan kotak suara karena tidak semua KPU di daerah memeiliki gudang penyimpanan.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU, Ida Budhiati, di Jakarta, Jumat (10/1). Menurut Ida, banyak KPU daerah yang melaporkan kesulitan menyimpan dan memilihara kotak suara alumunium yang diadakan sejak Pemilu 2004 karena terbatasnya ruangan. “Sampai sekarang, belum semua KPU di daerah memiliki gudang, sehingga menyulitkan pengelolaannya, padahal kita punya tanggung jawab memelihara barang milik negara,” kata Ida.

Belajar dari pengalaman itu, KPU kemudian memiliki kebijakan membuat kotak yang masuk kategori barang yang habis pakai. “Dari sisi biaya juga tidak mahal dan tidak memerlukan biaya pemeliharaan pascapemilu,” jelas Ida.

Sebelumnya memang sudah pernah ada kejadian akibat tak memiliki tempat penyimpanan tetap, sejumlah KPU di daerah kehilangan banyak kotak suara. KPU Kota Jayawijaya melaporkan kehilangan ribuan kotak suara akibat KPU terlambat membayar sewa gudang ke pemilik gudang. Ribuan kotak suara itu dijual oleh pemilik gudang.

Menanggapi kekhawatiran bahwa kotak suara kardus akan mudah rusak dan bahkan bisa merusak surat suara di dalamnya, misal terkena air atau kebanjiran, Ida mengatakan kardus yang digunakan sudah memperhitungkan hal seperti itu. “Bahannya terbuat dari bahan yang kedap air, jadi tidak akan langsung rusak seketika saat kena air,” kata Ida.

Terhadap potensi perusakan, Ida mengatakan jika orang sudah berniat merusak, maka tak peduli bahannya apa tetap bisa dirusak. Bahan kardus memang dirancang untuk penggunaan bukan dalam jangka lama, agar KPU di daerah tak memiliki beban tanggung jawab lagi dalam pemeliharaan dan penyimpanan. (AmirSodikin.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPU Tetap Gunakan Kotak Suara Kardus Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM