728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 29 Januari 2014

KPU Kalbar Diadukan Mantan Angota KPU Kab Pontianak

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hari ini, Rabu (29/1) menggelar sidang perdana atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu yang diduga dilakukan oleh ketua dan anggota KPU Prov Kalimantan Barat. Pengadunya adalah W. Yusni mantan anggota KPU Kab Pontianak, Kalbar.

Adapun pokok aduannya yakni para Teradu disangkakan telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan melakukan pelantikan anggota KPU Kab Pontianak periode 2013-2018, padahal tahapan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kab Pontianak Tahun 2013 belum selesai tahapan pelaksanaannya sampai dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Tindakan para Teradu dengan tidak memperpanjang masa jabatan anggota KPU Kab Pontianak yang dibentuk berdasarkan UU No 22 Tahun 2007, para Teradu telah merugikan Pengadu yang seharusnya masih memiliki hak sebagai anggota KPU Kab Pontianak,” ungkap Yusni dalam persidangan.

Menanggapi dalil Pengadu tersebut, para Teradu membenarkan pihaknya telah melakukan pelantikan anggota KPU Kab Pontianak pada tanggal 31 Desember 2013, sementara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan pada April 2014.

“Kami melakukan hal tersebut berdasarkan berbagai aspek pertimbangan, aspek filosofi agar Pemilu tidak terganggu, faktanya Pemilukada hanya berlangsung satu putaran, sehingga tidak ada masalah kami melakukan pelantikan, itu juga sudah diperhitungkan apabila ada sengketa Pemilu di MK,” terang Umi Rifdyawati Ketua KPU Prov Kalimantan Barat.

Lebih lanjut, Umi menjelaskan bahwa pelantikan dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2013 sesuai dengan SK berakhirnya masa jabatan KPU Kab Pontianak periode 2008-2013, yakni untuk penguatan kelembagaan di tubuh KPU.

“Hal tersebut juga kami lakukan demi penguatan kelembagaan KPU Kab Kalimantan Barat menjelang Pemilu 2014, agar melakukan penguatan konsolidasi lebih awal terhadap PPK, PPL,” tambahnya.

Panel Majelis sidang Saut Hamonangan Sirait didampingi Anggota Ida Budhiati mengapresiasi atas adanya perkara ini. Menurut Saut, perkara ini dapat dijadikan rujukan untuk proses ke depan. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPU Kalbar Diadukan Mantan Angota KPU Kab Pontianak Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM