728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 31 Januari 2014

Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Universitas Hangai Mongolia

Atase Pendidikan KBRI Beijing telah mengunjungi dan bertemu dengan (Ms.) Chimidtseren Dashravdan, Rektor Hangai University (HU) dan (Ms.) Enkhtsetseg Jigjid, Director of International Office Hangai University, dalam rangka menjajaki kerjasama dengan universitas tersebut (30/01). Dalam pertemuan tersebut dibahas juga kemungkinan kerja sama pendidikan di bidang Teknik Informatika dan Pariwisata dengan universitas swasta yang berdiri pada tahun 2001 di Ulaan Bataar, Mongolia tersebut.

Hangai University memiliki dua fakultas yaitu fakultas Teknik Informatika dan Pariwisata dan memiliki mahasiswa sebanyak 600 orang. Universitas ini sudah memiliki kerjasama dengan universitas dari luar negeri antara lain dari Korea Selatan, India, Taiwan, Jepang, Malaysia, Australia, Inggris dan China.

Tidak hanya itu, Universitas tersebut juga memiliki perusahaan tour operator dan travel agency ‘Khan Terelj, Lunoba, Khisig Tour’. Setiap musim panas universitas Hangai menyelenggarakan Summer Courses bidang Pariwisata untuk mahasiswa asal Korea dan Rusia.

Pimpinan Universitas Hanggai menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerjasama dengan universitas di Indonesia di bidang pariwisata, salah satunya karena tour operator dan travel agency milik universitas sudah memiliki hubungan bisnis dengan travel agent dan tour operator di Bali.

Dengan skema kerjasama program joint degree 2+2 atau 3+1 nantinya diharapkan lulusan kedua universitas dapat memiliki kesempatan memperluas kesempatan kerja di kedua negara.

Sebagaimana diketahui Mongolia memiliki masa depan yang cerah di bidang industri pariwisata seiring dengan meningkatnya GDP negara tersebut dari US$.4200,- di tahun 2010 menjadi US$.5500,- di tahun 2012, sehingga daya beli masyarakat Mongolia meningkat 31% dari sebelumnya.

Tren wisata ke luar negeri sudah menjadi gaya hidup masyarakat Mongolia dan Bali menjadi salah satu tujuan wisata favorit mereka setelah Bangkok.

Atase Pendidikan menyambut baik niat Hangai University untuk bekerjasama dengan universitas di Indonesia karena universitas Hangai memiliki potensi kerjasama yang besar dan dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Lebih lanjut, Atase Pendidikan menyatakan pula bahwa universitas di Indonesia yang memiliki prodi Pariwisata akan diajak untuk bekerjasama dengan Hangai University sehingga dapat semakin besar peluang kerja bagi lulusan kedua universitas tersebut di masa mendatang. (Sumber: http://www.kemlu.go.id/Pages/News.aspx?IDP=6775&l=id)​
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Universitas Hangai Mongolia Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM