728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 10 Januari 2014

Diduga "Nyaleg", Anggota KPU Kaur Diadukan ke DKPP

Diduga pernah mencalonkan sebagai anggota DPRD dari Partai Bintang Reformasi (PBR), anggota KPU Kaur, Bengkulu Selatan, Titin Sumarni diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Selain itu, Ketua dan Empat Anggota KPU Bengkulu diadukan karena telah meloloskan Titin.

“Titin Sumarni SIP telah ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) tanggal 28 September 2008 oleh KPU Kabupaten Kaur pada Pemilu 2009 dari Partai Bintang Reformasi Dapil 1 Nomor Urut 4,” kata Pengadu Didi Iswandi bersama Karyodi kepada majelis dalam sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik Ketua dan empat Anggota KPU Bengkulu dan anggota KPU Kaur, Jumat (10/01) pagi pukul 09.30 WIB.

Ketua majelis Nur Hidayat Sardini dan anggota majelis Nelson Simanjuntak, Saut H Sirait. Pihak Teradu I-V, Ketua dan Anggota KPU Bengkulu Irwan Saputra, Eko Sugianto, Aries Munandar, Siti Baroroh dan Zainan Sagiman serta Teradu VI Anggota KPU Kaur Titin Sumarni.

Dengan ditetapkannya sebagai DCS, Teradu Titin telah memenuhi Pasal 14 PKPU No 18 Tahun 2008 Tentang Pedoman Teknis Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota. “Sebagai bukti di Harian Rakyat Bengkulu tanggal 28 September 2008 memuat DCS Anggota DPRD Kabupaten Kaur dalam Pemilu 2009,” bebernya.

Titin Sumarni mengaku tidak menahu adanya kabar itu. Dirinya baru mengetahui akan permasalahan tersebut dalam sidang ini. Dirinya memang pernah menjadi anggota PDI Perjuangan. “Saya pernah masuk di partai. Namun Per 1 Pebruari 2004 saya sudah mengundurkan diri. Setelah di situ (PDI Perjuangan, red) tidak pernah masuk mana pun. Saya tidak pernah mendaftar caleg mana pun. Saya pun tidak masuk di partai mana pun,” jelas mantan ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Tahun 2008 di Kabupaten Kaur itu.

Perempuan berjilbab itu menambahkan, untuk menjadi ketua Himpaudi dia tidak boleh menjadi pengurus partai politik. Sehingga dirinya merasa heran dengan adanya tuduhdan seperti itu.
Sementara itu, Teradu dari KPU Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, semestinya Pengadu memanfaatkan keberatan/tanggapan masyarakat pada saat seleksi tahapan yang masih ditangani oleh tim seleksi kalau Pengadu punya bukti bahwa Titin Sumarni masuk dalam DCS pengajuan calon anggota DPRD Kabupaten Kaur 2009. “Secara substansi kami hanya melanjutkan hasil yang ditetapkan oleh tim seleksi,” jelas dia.

Anggota majelis Nelson Simanjuntak meminta kepada Teradu Titin, harus menjaga kepercayaan kepada masyarakat. Sedangkan kepada para Teradu dari KPU Provinsi wajib melakukan klarifikasi. “Saya meminta kepada para Teradu untuk membersihkan tuduhan-tuduhan yang disampaikan Pengadu kepada Teradu 6 (Titin, red) dengan cara menunjukkan dokumen pendaftaran calon anggota legislatif dari PBR Daerah Pemilihan I Kabupaten Kaur atas nama Titin Sumartini SIP di sidang berikutnya,” tutup dia. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Diduga "Nyaleg", Anggota KPU Kaur Diadukan ke DKPP Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM