728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 29 Januari 2014

Berpihak, KPU Kab Mamuju Di-DKPP-kan

Hari ini, Rabu (29/1) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang perdana atas pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan oleh Ketua dan anggota KPU Kab Mamuju, Sulawesi Barat.

Sebelumnya, para komisioner KPU ini diperkarakan oleh Ikram A, anggota masyarakat Mamuju yang merasa kecewa atas tindakan Teradu. Adapun pokok perkaranya yakni para Teradu disangkakan telah melibatkan diri dalam konflik kepentingan dengan tidak mengindahkan usulan PAW dari Partai Demokrasi Kebangsaan.

Dalam keterangannya dipersidangan, Ikram menceritakan bahwa pada 30 November 2013, Anggota DPRD Kab Mamuju dari Partai Demokrasi Kebangsaan, Abdullah meninggal dunia. Dan usulan PAW yang diajukan oleh Partai Demokrasi Kebangsaan bukanlah Nur Amanah Syahrir sebagaimana yang direkomendasikan Teradu, karena yang bersangkuatan saat ini telah menjadi kader Partai Golkar dan tercatat dalam DCT DPRD Kab Mamuju.

“Nur Amanah Syahrir namanya telah tercatat dalam DCT DPRD Kab Mamuju dari Partai Golkar, harusnya KPU tidak dapat merekomendasikan nama tersebut sebagai PAW, karena yang bersangkutan bukan lagi kader Partai Demokrasi Kebangsaan,” ungkap Ikram.

Menanggapi dalil tersebut, para Teradu menyatakan bahwa belum ada surat pemberhentian dari Partai Demokrasi Kebangsaan untuk Nur Amanah Syahrir, meskipun dirinya telah tercatat dalam DCT yang diusung oleh Golkar.

Mendengar keterangan Teradu, Panel Majelis Sidang DKPP, Saut Hamonangan Sirait didampingi Prof Anna Erliyana merasa geram. Dalam penjelasannya Saut menjelaskan tidak diperkenankan seseorang tercatat keanggotaannya di dua Parpol.

“Kalau Nur Amanah Syahrir ini sudah tercatat dalam DCT dari Partai Golkar, itu berarti dia sudah menjadi kader Golkar bukan lagi kader Partai Demokrasi Kebangsaan, kalian harus paham itu,” terang Saut.

Lebih lanjut, Saut menekankan bahwa KPU adalah pemegang data, KPU yang memiliki otoritas dalam memberikan data hasil Pemilu. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Berpihak, KPU Kab Mamuju Di-DKPP-kan Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM