728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 23 Desember 2013

Patrialis Akbar Masih Bisa Banding

Menanggapi keputusan PTUN soal pembatalan Keppres pengangkatan Patrialis Akbar sebagak hakim Mahkamah Konstitusi, Ketua MK Hamdan Zoelva memberi pernyataan normatif terhadap putusan yang menyangkut rekan sejawatnya. Menurut Hamdan, putusan Pengadilan Tata Usaha Negara tentang pembatakan keputusan presiden mengenai pengangkatan Patrialis Akbar sebagai hakim MK, belum berkekuatan hukum tetap.

Patrialis masih dapat melakukan banding dan kasasi terhadap putusan itu. "Putusan itu belum berkekuatan hukum tetap (in kracht)," kata Hamdan seusai memberikan keterangan pers terkait Catatan Kinerja MK tahun 2013 di Jakarta, Senin, 23 Desember 2013.


Hamdan mengatakan, kedua koleganya itu masih sah sebagai hakim konstitusi. Dengan demikian, perkara-perkara yang sebelumnya ditangani Patrialis juga tidak menjadi masalah. "Iya, Patrialis masih sah sebagai hakim konsitusi," ujar Hamdan.

Karena itu, kekhawatiran bahwa MK akan kolaps, dibantah oleh Hamdan. MK akan tetap bersidang seperti biasa, sebelum keputusan tersebut memiliki kekuatan hukum tetap.

Sebelumnya, ICW dan YLBHI yang menamakan diri sebaga Koalisi Masyarakat Selamatkan MK menggugat Keputusan Presiden 87/P Tahun 2013 mengenai pengangkatan Patrialis Akbar sebagai hakim konstitusi. Mereka menganggap pengangkatan itu inkonsitusional.

Menurut mereka, pengangkatan Patrialis itu mengingkari amanah Undang-Undang Mahkamah Konstitusi Pasal 19. Dalam pasal itu disebutkan bahwa pemilihan hakim konsitusi harus transparan dan partisipatif yang melibatkan masyarakat. Sedangkan dalam pengangkatan Patrialis dilakukan dengan tidak transparan. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Patrialis Akbar Masih Bisa Banding Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM