728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 06 Desember 2013

Musi Rawas Gelar E-Voting Pilkades

Setelah sukses menerapkan teknologi pemilihan elektronik (e-voting) Kepala Desa (Pilkades)di Boyolali Jawa Tengah, Jembrana dan Tabanan Bali, untuk pertama kalinya di Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Rawas, Desa Taba Renah Kecamatan Selangit dan Desa U2 Dadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas, menggelar Pilkades dengan teknologi e-voting. Ini adalah e-voting pertama yang pernah digelar di Sumatera.

Secara serentak seribu enam puluh tiga warga desa Taba Renah dan enam ratus sembilan puluh warga di desa U2 Dadi Karyadadi (5/12), mengikuti pemilihan kepala desa (pilkades) dengan menerapkan metode pungutan suara elektronik atau e-voting yang dipantau langsung oleh akedemisi dan mahasiswa Universitas Sriwijaya dan Universitas Musi Rawas di balai desa setempat . Tahapan pungutan suara dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

“Ini merupakan terobosan baru, pertama kalinya penyelenggaran e-voting di Sumatera diselenggarakan, ini bisa terlaksana atas upaya inisiatif dari pemerintah Kabupaten Musi Rawas”, ungkap Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Marzan A. Iskandar saat membuka Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Dengan Menggunakan Metode E- Voting Di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan (5/12).

Lebih lanjut Marzan mengatakan bahwa teknologi e-voting digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti tidak perlu mencetak surat suara, pemberian suara mudah dilakukan dan dapat mengakomodir pemilih berkebutuhan khusus. " Teknologi ini lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat menjamin proses demokrasi yang berlandaskan langsung umum bebas, jujur adil dan rahasia, secara keseluruhan sistem ini juga telah disempurnakan dari yang sebelumnya”urainya.

Metode e-voting ini, terangnya, merupakan dasar pendidikan kepada masyarakat dan kedepan kita bisa gunakan cara ini terus menerus,"Kita tinggalkan cara-cara lama yang sudah ketinggalan jaman," imbuhnya.

Senada dengan Marzan, Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti mengatakan bahwa kedepan kita upayakan tidak hanya di dua desa saja e-voting ini dilaksanakan. "Saya harapkan bisa dillasanakan diseluruh desa yang ada di Musi Rawas. Ini yang pertama, marilah kita mengukir prestasi yang gemilang dengan menggunakan teknologi maju dan kita sukseskan Pilkades dengan e-voting ini” bangganya.

Bupati juga mengapresiasi masyarakat bahwa masyarakat Musi Rawas mau melek teknologi dan antusias mengahadiri Pilkades dengan menggunakan E-voting. "Pilkades merupakan proses untuk pemilihan pemimpin di desa, e-voting hanya sebagai alat namum kita harus membangun kebersamaan dan menciptakan kesadaran betapa pentingnya teknologi”, tegas Ridwan.


Teknologi E-voting

Teknologi e-voting telah banyak digunakan karena memiliki keunggulan sebagai berikut: tidak perlu mencetak surat suara, pemberian suara mudah dilakukan dan dapat mengakomodir pemilih berkebutuhan khusus, proses penghitungan suara akan lebih cepat, tepat, dan akurat, pengiriman surat suara langsung ke pusat data, dan penayangan hasil berbasis web yang menjamin transparansi, menghasilkan jejak audit, dan efisiensi jumlah SDM.

Tahapan pemilihan yang terpenting pemungutan suara dan perhitungan serta penayangan hasilnya, inilah yang akan diimplemtasikan secara elektronik di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam pemilihan kepala desa, dimana proses dan hasilnya membutuhkan landasan hukum yang sudah disiapkan oleh Pemkab Musi Rawas.

Pemilihan suara elektronik (e-voting) telah mempunyai landasan hukum Mahkamah Konstitusi dalam amar Putusan No. 147/PUU-VII/2009, disamping itu penggunaaan teknologi informasi dan komunikasi dalam Pemilu ini didukung dengan landasan yang kuat yaitu Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 yang mengatur tentang informasi dan transanksi elektronik (ITE).

Dalam UU ITE pasal 5 menyebutkan bahwa informasi elektronik dan dokumen eletronik atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah. Dengan demikian diharapkan hasil Pemilu yang dihitung dan disampaikan secara elektronik telah dapat dipergunakan sebagai alat bukti hukum yang sah untuk menentukan hasil Pemilu.(bppt.go.id)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Musi Rawas Gelar E-Voting Pilkades Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM