728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 26 Desember 2013

KPU Libur, Parpol Kelimpungan

Hingga kemarin, Kamis (26/12), baru ada satu partai yaitu Nasdem yang menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye. Partai lain yang mengejar tenggat waktu berusaha menyerahkan laporannya kemarin namun kecele karena ternyata Komisi Pemilihan Umum libur.

Padahal, Jumat hari ini merupakan tenggat waktu terakhir penyerahan laporan. Karena itu, Partai Amanat Nasional (PAN) yang datang ke KPU kemarin merasa kecewa dengan layanan KPU. “Kalau tanggal 25 Desember libur kami maklum, tapi sekarang kan bukan tanggal merah di kalender umum,” kata Didi Supriyanto, Ketua DPP PAN.

PAN mendatangi KPU pukul 10.30 WIB dengan membawa segepok laporan penerimaan sumbangan berikut pengeluarannya . Mereka adalah Wakil Bendahara PAN Syamsidar Siregar, seorang staf DPP, dan Yuniswar seorang konsultan. Didi sedianya akan menyusul namun setelah mendengar tak ada orang yang melayani di KPU, pihaknya membatalkan diri ke KPU.

“Tak ada pemberitahuan sebelumnya kalau KPU tutup, jelas kami kecewa,” kata Didi. Karena laporan dari PAN belum diterima kemarin, hari ini PAN akan kembali mendatangi KPU.

Didi sempat mengontak seorang komisioner KPU dan mendapat jawaban pasti jika kemarin memang KPU sedang cuti bersama. Selain parpol, wartawan juga terus berdatangan ke KPU karena menurut jadwal hari itu juga akan ada validasi surat suara.

Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) M Afifudin juga datang ke KPU dengan harapan bisa menyaksikan dan memantau salah satu tahapan penting dalam Pemilu itu. “Lho, kok tutup, memangnya tahapan pemilu berhenti di hari cuti bersama?” kritik Afifudin.

Afifudin memaklumi jika kemarin KPU cuti bersama, namun ia menyayangkan diliburkannya “Help Desk” untuk pelaporan dana kampanye. “Meskinya KPU bisa menugaskan beberapa orang sekretariat untuk tetap bertugas di Help Desk pelaporan dana kampanye sehingga tidak kosong,” katanya.

Liburnya KPU juga membuat agenda penting lainnya yang dijadwalkan digelar tanggal 26 Desember akhirnya dibatalkan dan diundur 27 Desember. “Hari ini juga dijadwalkan ada validasi surat suara, tapi ternyata gak jadi, diundur besok,” kata Afifudin.

Afifudin sempat mengecek ke KPU-KPU lain di daerah dan ternyata sebagian mereka masih bertugas. “Beberapa KPU di daerah masih buka. Karena kemarin itu termasuk hari krusial ketika parpol harus segera melaporkan sumbangan dan akampanye, maka logis saja jika tidak semua KPU pasrah ikut cuti bersama,” kata Afifudin.
Afifudin khawatir, jika KPU terlalu santai dengan tahapan Pemilu, bisa menurunkan kredibilitas KPU di mata peserta pemilu. KPU harus bisa melayani dengan baik dan memiliki jalur komunikasi yang mudah untuk diakses. Di website KPU juga tak diumumkan jika ada cuti bersama tersebut di tanggal yang krusial tersebut.

Ditangani sekretariat
Komisoner KPU Ida Budhiati mengatakan, untuk penerimaan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye tidak langsung diterima oleh komisioner KPU. “Untuk tugas penerima memang bagian sekretariat,” kata Ida.

Walaupun KPU menghimbau semua parpol untuk menyerahkan laporan periodik tiga bulanan, yang pada periode pertama tenggatnya jatuh pada 27 Desember hari ini, namun ternyata tak ada sanksi bagi yang melanggarnya. “Tak ada sanksi untuk laporan yang deadlinenya tanggal 27 Desember, hanya saja mereka akan dipublikasikan,” kata Ida.

Dalam Peraturan KPU, laporan tersebut akan dimuat di website KPU, baik yang melaporkan maupun tidak. Transparansi dan ketepatan waktu parpol ini akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pemilih. “Kredibilitas tak hanya di tangan penyelenggara pemilu, tapi juga di tangan peserta pemilu,” kata Ida.

Sanksi untuk penyerahan laporan terkait dana kampanye hanya ada dua, yaitu pertama, sanksi diskualifikasi jika parpol terlambat menyerahkan laporan awal dana kampanye yang deadlinenya 2 Maret 2014. Kedua, sanksi tak ditetapkannya sebagai caleg terpilih apabila parpol tak mentaati menyerahkan laporan akhir dana kampanye yang deadlinenya 24 April 2014. (adm)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: KPU Libur, Parpol Kelimpungan Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM