728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 06 Desember 2013

ICMI Akan Serahkan Buku “GBHN”

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyatakan tak akan terlibat dalam politik praktis. Namun demikian, sebagai bentuk sumbang sih para cendekiawan di dalamnya, ICMI akan menerbitkan buku panduan arah pembangunan bangsa yang mirip Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Hal tersebut ditegaskan Presidium ICMI Priyo Budi Santoso saat konferensi pers dalam rangka pengenalan kegiatan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI 2013 di Jakarta, Kamis (5/12). Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Presidium ICMI Marwah Daud Ibrahim, Presidium ICMI Ilham Akbar Habibie, dan Sekretaris Jenderal ICMI Muhammad Taufiq. Silaknas ICMI sendiri akan digelar pada 20-21 Desember 2013.

“ICMI bukanlah gerakkan politik. Kita cenderung memobilisasi kecendekiawanan dari sisi nonpolitik,” tegas Priyo. Sebagai bentuk tanggung jawab kecendekiawanan, ICMI akan menyumbangkan butir-butir pemikiran terkait jalannya kehidupan berbangsa.

Buku yang sementara diberi judul “Panduan Lima Tahun ke Depan untuk Bangsa” ini nantinya akan diberikan kepada para pemimpin yang baru akan terpilih, baik diminta atau tidak diminta. “Dulu ada suatu waktu GBHN dikritik, tapi sekarang pemerintahan telah berjalan tanpa panduan jelas,” kata Priyo.

Selama ini, arah perubahan bangsa seolah berjalan di lorong gelap tanpa acuan yang bisa dijadikan referensi bersama. Yang tampak hanya rapat-rapat kabinet, walaupun itu dibolehkan, namun setelah sekian lama berlangsung ICMI memandang bangsa ini perlu acuan pencapaian yang jelas untuk setidaknya lima tahun ke depan.

“Rencananya ICMI akan membuat seruan nasional agar kepemimpinan tetap mengacu pada instrumen dan kisi-kisi ke-Indonesian. ICMI akan memprakarasi buku panduan semacam GBHN, yang merupakan kontribusi dari cendekiawan ICMI, siapapun presidennya,” kata Priyo.

Buku panduan ini akan diberikan kepada presiden terpilh dan juga pemimpin lembaga-lembaga negara yang baru terpilih nanti. “Bukan politik praktis tapi ini politik substansi. Seluruh bidang penting akan kami kaji dan bahas. Semua aspek mulai ekonomi, politik, hukum, pertahanan keamanan, dan lain-lain,” kata Priyo.

Termasuk persoalan yang kini menjadi keprihatinan banyak pihak termasuk ICMI yaitu masalah intoleransi yang menganga terbuka lebar. “Ini pekerjaan rumah bagi bangsa ini. ICMI berkeinginan masalah intoleransi harus segera dituntaskan oleh kelompok pemikiran manapun,” kata Priyo.
Priyo adalah calon pengganti Marwah Daud Ibrahim yang akan menggantikannya sebagai Ketua Presidium ICMI. Priyo menjamin, ICMI tak akan masuk ke ranah politik praktis. Jika ada masukan terkait politik kebangsaan, itu semata-mata sebagai sumbang saran kecendekiawanan ICMI.

“Karena itu ICMI tak akan mencalonkan seseorang jadi calon presiden atau juga tak akan mendukung seseorang jadi calon presiden,” kata Priyo. Konsentrasi ICMI tetap pada ekonomi dan pengembangan ekonomi.

Marwah Daud menegaskan, kali ini Silaknas ICMI akan mengambil tema “Gerakan Ekonomi Baru Indonesia: Mobilisasi Akses untuk Kesejahteraan Rakyat”. “Kita memiliki ekonomi berbasis sumber daya alam tapi nilai tambahnya belum optimal. Kita fokus dengan sumber daya yang belum diolah,” kata Marwah.

Marwah mengkritik kesenjangan akses yang begitu berbeda antara ekonomi rakyat dengan perusahaan besar. “Yang kaya makin kaya, makanya perlu mobilisasi akses untuk ekonomi rakyat,” katanya.

Ilham Akbar Habibie mengandaikan, ICMI itu seperti Kadin-nya Islam. “Fokusnya lebih ke sektor ekonomi, tak hanya ekonomi syariah. Kita ingin partispias ummat meningkat. Selama ini ada kesenjangan antara kelompok usaha kecil dengan usaha  atas,” katanya.

Karena itu, tema mobilisasi akses adalah untuk mendorong aksesibilitas bagi kalangan usaha kecil menengah agar tercipta ekonomi yang lebih berkeadilan. “Ini soal keadilan sosial dalam ekonomi, perkara inilah yang akan kita garap,” kata Ilham. (AMR)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: ICMI Akan Serahkan Buku “GBHN” Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM