728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 28 November 2013

KPU-Lemsaneg Sepakati Penghentian Kerja Sama

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akhirnya menghentikan nota kesepahaman dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Penghentian kerja sama di bidang pengamanan teknologi komunikasi dan informasi penyelenggaraan Pemilu 2014 itu disepakati oleh kedua belah pihak, Kamis (28/11).

Penghentian kerja sama itu disampaikan Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam jumpa pers, Kamis sore (28/11) di kantor KPU RI. Jumpa pers tersebut dihadiri Komisioner KPU RI Arief Budiman, Sigit Pamungkas, Hadar Nafis Gumay, Juri Ardiantoro dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Turut hadir dalam acara itu Kepala Lemsaneg Djoko Setiadi.

“Mencermati saran, pendapat, ide dan gagasan dari multipihak baik itu DPR, partai politik dan publik dan apa yang disampaikan di berbagai media, kami bersepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama yang sudah ditandatangani sebelumnya,” terang Husni.
Penghentian kerja sama itu bertujuan untuk menghentikan polemik yang berkepanjangan di tengah-tengah masyarakat. Kedua belah pihak kata Husni, tidak menuntut kompensasi apapun atas penghentian kerja sama tersebut.

KPU kata Husni dalam pengamanan data pemilu akan mengandalkan tenaga internal. “Selama ini kami juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi untuk penguatan teknologi informasi. Kami akan maksimalkan kemampuan internal untuk meningkatkan pengamanan data kepemiluan,” ujar Husni.

Kepala Lemsaneg Joko Setyadi menegaskan pihaknya telah menarik diri dari penyelenggaraan Pemilu 2014. “Penghentian kerja sama ini bukan karena Lemsaneg tidak memiliki kapasitas untuk mengamankan data tetapi publik mempertanyakan netralitas Lemsaneg sebagai bagian dari eksekutif. Kami tidak ingin menjadi kontraproduktif bagi kemajuan demokrasi,” ujarnya.

Menurut Joko, keraguan publik bahwa Lemsaneg berpotensi tidak netral jika ikut dalam pengamaman data kepemiluan adalah sesuatu yang sangat prinsip. Karena itu pihaknya menarik diri dari kerja sama tersebut. “Itu sesuatu yang prinsip bagi kami. Lemsaneg tidak pernah dan tidak akan pernah memihak kepada kekuatan politik manapun,” tegasnya. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPU-Lemsaneg Sepakati Penghentian Kerja Sama Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM