728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 28 November 2013

Ketua Panwaslu Kota Palangkaraya Diberhentikan

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Lodewik diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Hal itu diputuskan dalam sidang putusan DKPP di Jakarta, Kamis (28/11).

“Mengabulkan pengaduan Pengadu untuk seluruhnya. Menjatuhkan sanksi berupa Pemberhentian Tetap kepada Teradu selaku Ketua Panwaslu Kota Palangkaraya atas nama Lodewik,” demikian amar putusan DKPP yang dibacakan oleh Anggota Panel Majelis Nur Hidayat Sardini.
Pengadu dalam perkara ini adalah Ketua dan Anggota Bawaslu Kalimantan Tengah yakni Theopilus Y Anggen, Lery Bungas, dan Eko Wahyu Sulistyo. Dalam dua kali sidang sebelumnya terungkap, pokok pengaduannya terkait jeda waktu pengunduran diri Teradu sebagai anggota Partai Gerindra dengan keanggotaannya sebagai Ketua Panwaslu Kota Palangkaraya. Menurut Pengadu, pengunduran diri Teradu kurang dari 5 tahun, atau hanya 2 tahun 6 bulan.

“Jeda waktu itu bertentangan dengan Peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2012 pasal 7 huruf i yang menyatakan harus mundur dari parpol sekurang-kurangnya 5 tahun,” kata Anggota Bawaslu Kalteng Lery Bungas, waktu itu.

Teradu tidak membantah apa yang disampaikan Pengadu. Akan tetapi, dia punya pendapat lain soal Perbawaslu 10 itu. Menurutnya, Perbawaslu itu bertentangan dengan Undang-Undang No 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, yang tidak menyatakan harus mundur sekurangnya 5 tahun. Pengadu juga punya tafsir beda atas Putusan MK No 81/2011 yang menyatakan harus mundur 5 tahun.

DKPP berpendapat bahwa pengaduan Pengadu beralasan. Menurut DKPP, Teradu terbukti telah melakukan tindakan yang tidak berdasar pada Peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2012 huruf (i) yang mensyaratkan calon anggota Panwaslu tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun pada saat mendaftarkan diri.

Sidang putusan ini Panel Majelis diketuai oleh Jimly Asshiddiqie didampingi Anggota Nur Hidayat Sardini dan Valina Singka Subekti. Dari Pengadu hadir Anggota Bawaslu Kalsel Eko Wahyu Sulistyo. Teradu Lodewik juga hadir langsung di ruang sidang DKPP. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ketua Panwaslu Kota Palangkaraya Diberhentikan Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM