728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 08 Oktober 2013

Dua Komisioner KPU Pusat Hari Ini Akan Disidang DKPP

*Dinilai Bertindak Sewenang-wenang, Dua Komisioner KPU RI Diadukan ke DKPP


Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik KPU RI hari ini Selasa (08/10) pukul 13.30. Lokasinya di Ruang Sidang DKPP, Jalan MH Thamrin No.14.

Teradunya adalah dua komisioner KPU dan seorang pegawai setjen KPU RI. Kedua komisioner KPU itu adalah Arief Budiman dan Sigit serta dari Setjen KPU, Arif Rahman Hakim.

Sedangkan Pengadunya Yulianus Dwaa, ketua Koalisi Rakya Prodemokrasi Provinsi Papua. Pokok pengaduannya berdasarkan nomor 110/DKPP-PKE-II/2013, Pengadu mendalilkan bahwa tiga komisioner telah bertindak sewenang-wenang dengan mengabaikan prosedur. Yaitu, Teradu mengganti calon yang lolos seleksi 10 calon anggota KPU Prov Papua dan menunjuk Musa Sombuk Yosep sebagai calon pengganti dan menjadi anggota KPU Papua. Padahal yang bersangkutan tidak lolos seleksi dalam 10 calon anggota KPU Papua.

Selanjutnya, sidang kedua KPU Biak Numfor pukul 15.30. Pengadunya Timotius Rumansara dan Teradunya adalah ketua dan anggota KPU Biak Numfor; Milliam P Tiblola, Sergius Wabiser, Diana D Simbiak, John FB Pah, Frans Y Rumaropen.

Pokok pengaduannya berdasarkan nomor perkara 109/DKPP-PKE-II/2013, para Teradu telah menggugurkan paslon Agustinus Rumansara dan Arianto Raisal dalam Pemilukada Bupati setempat. Padahal Pengadu menilai dukungan parpol pengusung telah memenuhi syarat. Teradu juga diduga telah memindahkan dukungan parpol pengusung PKNU, PKDI kepada dua pasangan calon lain, padahal kedua pasangan calon tersebut tidak pernah mendaftar dengan partai pengusung tersebut.

Menurut anggota sekaligus juru bicara DKPP Nur Hidayat Sardini, sidang ini terbuka untuk umum termasuk media. “Setiap pengunjung mesti menjaga dan menaati tata tertib persidangan,” tutup dia. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dua Komisioner KPU Pusat Hari Ini Akan Disidang DKPP Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM