728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 10 Oktober 2013

Enam Pengaduan Siap Disidangkan di DKPP

Verifikasi materiil yang digelar oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Selasa (8/10) memastikan ada enam pengaduan yang memenuhi syarat (MS) untuk naik sidang. Keenam pengaduan adalah dengan Teradu Ketua Panwaslu Kabupaten Sragen, Ketua dan Anggota KPU Maluku Tenggara Barat, Ketua Panwaslu Palangkaraya, Ketua dan Anggota KPU Kepulauan Selayar, Ketua KPU Jawa Timur, serta Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Kota Jambi.

Menurut Kepala Subbagian Penerimaan dan Registrasi Pengaduan DKPP Sapni Syahril, enam pengaduan itu adalah perkara yang masuk ke Bagian Pengaduan mulai 26 September sampai 7 Oktober 2013.

“Sebenarnya banyak pengaduan yang masuk selama waktu tersebut. Setelah kami lakukan verifikasi administrasi/formil ada 22 pengaduan yang sudah memenuhi syarat administrasi. Dari 22 pengaduan itu kemudian dilakukan verifikasi materiil, dan ada 6 pengaduan yang memenuhi syarat untuk disidangkan,” jelas Sapni.

Sisa pengaduan lain, sebanyak 15 pengaduan, oleh DKPP dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena tidak ada unsur pelanggaran kode etik. Ada juga satu pengaduan yang dianggap belum memenuhi syarat (BMS). Untuk yang TMS, kata Sapni, tindak lanjutnya bisa limpahkan ke KPU atau Bawaslu, karena perkaranya menjadi kewenangan lembaga tersebut. Sedangkan yang BMS, DKPP akan meminta Pengadu untuk melengkapi kekurangan pengaduannya.

“Baik yang MS, TMS, dan BMS semua akan kami hubungi untuk diberikan informasi terkait status pengaduannya. Itu salah satu bentuk pelayanan DKPP seperti yang diperintahkan undang-undang,” pungkas Sapni. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Enam Pengaduan Siap Disidangkan di DKPP Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM