4:01 pm - Friday September 30, 1672

Survei: Perempuan Mendominasi Penentuan Liburan

Siapa sebenarnya yang paling mendominasi dalam menentukan rencana dan tujuan liburan? Bisa ditebak hasilnya, perempuanlah yang mendominasi dibanding pria. Artinya, dalam skala rumah tangga, sang ibu lah yang menentukan kemana akan liburan.

Laki-laki ternyata terbukti terlalu malas untuk memikirkan liburan. Fakta berdasar survei yang dilakukan Skyscanner sungguh telak: satu dari 10 laki-laki malas memikirkan liburan. Sssst…tapi, jangan khawatir buat laki-laki soal stereotype malas ini, karena di satu sisi perempuan melakukan perencanaan dan riset liburan itu bukan semata rajib, tapi karena sudah dihinggapi faktor lain yaitu hobi.

Jadi, para laki-laki tampaknya masih bisa berkelit untuk menyerahkan hobi ini kepada perempuan. Seperti kata Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati mengatakan, “Menyusun rencana perjalanan bisa melelahkan, khususnya ketika bukan hanya kesenangan Anda sendiri yang harus dipikirkan tetapi kesenangan pasangan Anda, teman atau keluarga,” katanya.

Single content advertisement top

Menurut hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan Skyscanner kepada seribu pelancong internasional , hampir tiga perempat dari responded perempuan mengatakan merekalah yang paling banyak melakukan riset ketika berurusan dengan perencanaan liburan, dan hanya 9% yang mengatakan pasangan mereka yang mengerjakan itu semua.

Dari para pria yang mengakui bahwa pasangan mereka yang melakukan semua riset, sepertiga dari mereka beralasan bahwa pasangan mereka lebih cakap dalam mengerjakan perencanaan dan mampu menemukan tawaran wisata yang lebih menarik. Sementara itu, satu dari sepuluh pria mengakui bahwa mereka memang terlalu malas untuk mengerjakannya.

Sebagai tambahan, seperlima dari para pria tersebut percaya bahwa pasangan mereka memang menikmati kegiatan meriset untuk urusan liburan dan 19% dari mereka berpikir bahwa pasangan mereka rela melakukan semua risetnya karena tuntutan mereka lebih banyak. Sepertinya alasan itu memang benar, karena nyatanya hanya 24% wanita yang mengatakan kalau mereka akan senang jika pasangan mereka membuat semua keputusan yang berhubungan dengan liburan untuk mereka.

Bagaimanapun, survei ini berhasil menunjukkan bahwa terdapat satu kesepakatan antara pria dan wanita perihal perencanaan liburan, yakni 95% responden wanita dan 97% responden pria menyatakan bahwa mereka senang dengan pengaturan pengambilan keputusan yang berlangsung. Hal itu diperkuat dengan fakta bahwa hanya 5% yang mengatakan mereka sering berbeda pendapat dalam mengambil keputusan soal liburan.

Keputusan mengenai penerbangan adalah yang paling sedikit menimbulkan perbedaan pendapat, dengan 2% yang sering berbeda pendapat, sementara soal menetukan budget liburan adalah persoalan paling kritis antara pria dan wanita, hampir satu dari sepuluh responden mengaku bahwa mereka selalu berselisih pendapat untuk urusan uang.

“Merencanakan sebuah liburan tidak hanya berarti memutuskan apa yang dilakukan dan dikunjungi, tetapi juga cara menggunakan anggaran dengan bijak. Hasil dari riset kami menunjukkan bahwa ketika merencanakan liburan terdapat tingkat pengertian yang tinggi antara para laki-laki dan perempuan, di mana perempuan merupakan orang yang paling terlibat dengan perencanaan perjalanan dan laki-laki menghormati keputusan mereka. Hal ini juga menunjukkan betapa besar kepercayaan laki-laki pada perempuan untuk menyusun rencana liburan mereka,” kata Tika. (Endonesia.com)

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followPortal Berita Indonesia and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Gani Abdul Ghani, Mantan Dirut Rekanan PLN, Dijerat Korupsi

WRI Rilis Peta Interaktif Kebakaran Hutan Terbaru

Related posts