Galaxy NX, DSLR Samsung Berbasis Android


Jakarta, Endonesia.com

Sebentar lagi, kamera mirrorless dengan berbasis Android yang benar-benar serius untuk kalangan professional akan segera kita saksikan. Mungkin namanya akan tetap Galaxy NX, atau Galaxy Camera 2? Kita tunggu akhir Juni 2013 ini karena dijadwalkan kamera ini diharapkan sudah ada di pasaran.

Single content advertisement top

Samsung dikenal dengan seri Galaxy yang merujuk pada produk smartphone dan tablet. Namun, kali ini Samsung menggunakan nama Galaxy pada produk DSLR kamera digital Single Lens Reflex (SLR). Seperti pada kamera Galaxy Camera yang sudah lebih dulu dirilis, produk DSLR ini juga berbasis Android.

Rilis produk Galaxy NX ini merupakan sinyal bahwa Samsung serius menggarap pangsa pasar pengguna kamera simple (point and shot) yang berbasis Android. Dibandung Galaxy Camera, Galaxy NX jelas satu lompatan untuk meningkatkan tingkat prefesionalisme Android dalam meng-handle kamera.

Galaxy NX akan menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 dan Samsung mengklaim sistem ini bisa menandingi prefesionalisme DSLR dari sisi kualitas dan ketajaman gambar. Fitur ringkasnya amat menggoda: resolusi gambar sampai 20,3 Megapixel, sensor APS-C, dan ISO hingga 25.600.

Sebagai kamera DSLR, tentu bisa lepas pasang lensa, dan lensa yang akan digunakan adalah jajaran lensa NX dari Samsung, serta lensa untuk mirrorless lain dengan atau tanpa membutuhkan adapter. Kamera sudah dibundling dengan lensa standard 18-55 mm yang dilengkapi Optical Image Stabilization, dengan aperture range berkisar 3,5-5,6 f-stop.

Bagi penggila video recording, tak perlu khawatir dengan kamera ini karena kamera ini telah memiliki kemampuan merekam FULL HD 1080p dengan 60 frame per second. Fitur ini sangat menggiurkan mengingat standard FULL HD untuk video pada fungsi kamera sekarang tak bisa ditawar lagi.

Galaxy NX akan dilengkapi dengan layar sentuh multi-touch selebar 4,3 inchi qHD 960×540 pixel. Tampilan antarmuka dilengkapi dengan fitur andalan Samsung, TouchWiz.

Untuk kinerja mesin, telah dibenamkan prosesor Samsung Exynos 5410. Ini adalah prosesor octa-core yang juga dibenamkan pada produk lain yaitu Galaxy S4 dengan ARM cortex A15-nya. Memori RAM disebut mencapai 2GB, dilengkapi dengan koneksi WiFi, HSPA+, dan beberapa produk telah dibenamkan fitur LTE 4G.

Sebagai gadget yang berbasis Android, tentu saja kamera DSLR ini bisa digunakan untuk aktivitas biasa sebagaimana telepon pintar umumnya. Jadi, Anda bisa menelepon, SMS, main WhatsApp, Line, atau bermain gim Angry Birds ketika anda bosan menunggu moment fotografi Anda berlangsung.

Namun ingat, kendala yang belum diatasi pada produk-produk seperti ini adalah masalah ketahanan baterai. Karena itu, bagi Anda yang mengutamakan ketahanan baterai, Anda harus melihat budget Anda dulu untuk bisa membeli dua atau empat baterai cadangan untuk menjamin terjaganya moment fotografi serius dan berdurasi lama.

Jika Anda menginginkan kamera yang dengan mudah terkoneksi dengan dunia internet dan sosial media, maka inilah jawaban yang terbaik bagi Anda. Anda akan mendapat kemudahan koneksi sekaligus kualitas.

Lalu, dibandingkan dengan Galaxy Camera yang tak bisa dilepas-copot lensanya, akan lebih baik yang mana? Kamera ini mumpuni bagi yang menginginkan kualitas lebih. Untuk harga, hingga kini belum diketahui pasti namun jika dikomparasi antara Galaxy NX dengan Galaxy Camera, maka Galaxy Camera (16MP, 21x Optical Zoom, Android 4.1 Jelly Bean OS) akan lebih ekonomis karena telah mengcover range lensa untuk semua kebutuhan Anda.

Dengan Galaxy NX, anda baru bisa memotret moment standard dalam rentang lensa 18-55mm. Perlu investasi lebih untuk membeli lensa-lensa agar bisa memenuhi kebutuhan wide, standard, dan close. Galaxy NX hanya dibutuhkan ketika Anda benar-benar addict dengan fotografi, atau Anda adalah fotografer untuk keperluan professional.

Jika Anda hanyalah antusiast fotografi untuk kepentingan pribadi, atau anda seorang wartawan tulis yang kadang-kadang perlu memotret untuk media anda, maka Galaxy Camera ini sudah mumpuni. Tak harus memilih Galaxy NX untuk keperluan Anda.

Dibanding harga kamera biasa, harga Galaxy Camera masih terbilang mahal. Kita berharap, dengan hadirnya Galaxy NX, maka Galaxy Camera bisa turun harga. (AMR/Endonesi.COM)

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followPortal Berita Indonesia and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Soetrisno Bachir Bantah Tahu Aliran Dana dari Proyek Alkes

Menhut Dipetisi 8.500 Orang Lebih Agar Selamatkan Melani

Related posts